Foodspot Fasilitasi The 50th Year of ASEAN-Japan Friendship and Cooperation
Corporate Release 7 December 2023

Jakarta, November 2023 – Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah perhimpunan negara-negara di Asia Tenggara yang terdiri dari sepuluh negara. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang menjadi bagian dari ASEAN. Meski bukan bagian dari wilayah Asia Tenggara, nyatanya Jepang telah lama menjalin kerja sama dengan ASEAN. 

Hal ini sebagaimana dikutip dari laman resmi Mission of Japan to ASEAN, Jepang dan ASEAN telah membangun kerja sama selama puluhan tahun terakhir. Kerja sama ini dilakukan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas, serta pembangunan dan kemakmuran. Selain itu, Jepang dan ASEAN juga membangun hubungan erat sebagai mitra bisnis. Mempertimbangkan fungsi ASEAN sebagai pusat kerja sama regional adalah hal yang penting bagi stabilitas dan kemakmuran tak hanya di Jepang dan ASEAN, namun di seluruh Asia Timur, Jepang sepenuhnya mendukung upaya ASEAN dalam meningkatkan konektivitasnya.

Melalui kerja sama tersebut, terlaksana banyak kegiatan yang melibatkan ASEAN dan Jepang. Mulai dari Japan-ASEAN Summit Meeting, Japan-ASEAN Ministerial Meeting, perayaan tahunan, dan kegiatan lain seperti forum, meeting, hingga occasion ceremony. 

Di tahun 2023 ini, ASEAN-Japan merayakan peringatan kerja samanya melalui acara bertajuk “The 50th Year of ASEAN-Japan Friendship and Cooperation”. Acara tersebut dilaksanakan pada Selasa, 21 November 2023 di Lobby Hall, Heritage Building, ASEAN Secretariat. Pada tahun sebelumnya, pertunjukan yang digelar pada sesi ini adalah demonstrasi pembuatan soba, yang merupakan mie khas Jepang. Sementara untuk tahun ini, kegiatan yang dipilih adalah demonstrasi Maki Sushi Making dan Yellowtail Filleting Live Show. 

Experience Japanese Food Culture dimulai pada pukul 12.00 hingga 13.30. Sebelum masuk ke sesi ini, acara diawali dengan penyambutan, presentasi dari Indonesia dan Malaysia, press interview, dan foto bersama. Untuk acara tersebut, Mission of Japan to ASEAN menggandeng foodspot untuk menjadi organizer sekaligus penyedia bahan makanan yang diperlukan.  

Sesi Experience Japanese Food Culture diawali dengan membuat long maki sushi atau sushi roll bersama yang didemonstrasikan oleh Mr. Shimada, Chef Okuzono Japanese Restaurant. Dari seluruh peserta yang hadir, 5 orang dipilih untuk berpartisipasi dalam pembuatan sushi dan bebas memilih bahan yang hendak digunakan. 

Setelah pembuatan sushi roll, sesi dilanjutkan dengan Yellowtail Filleting Live Show yang juga didemonstrasikan oleh Mr. Shimada. Yellowtail atau ikan ekor kuning adalah salah satu pilihan menu paling populer di restoran sushi. Ikan ekor kuning ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena menjadi sumber protein dan asam lemak omega 3. Para peserta yang hadir bersama-sama menyaksikan bagaimana proses memisahkan daging ikan ekor kuning dari tulangnya. Setelah selesai, daging ikan digunakan sebagai bahan utama untuk memasak shabu-shabu dan sashimi. Makanan-makanan yang telah disiapkan tersebut akan disantap bersama sebagai menu makan siang. 

Ken Aoyagi, CEO foodspot mengungkapkan, “Suatu kehormatan bagi kami dapat menjadi organizer sekaligus penyedia kebutuhan makan di salah satu kegiatan The 50th Year of ASEAN-Japan Friendship and Cooperation. Terima kasih banyak, Mission of Japan to ASEAN, sudah memberikan kami kesempatan dan kepercayaan pada acara tersebut. Sesi Experience Japanese Food Culture berjalan dengan lancar. Kepada ASEAN-Japan, selamat atas perayaan yang ke 50 tahun, diharapkan hubungan yang terjalin dapat semakin erat dan memberikan banyak kebaikan untuk kedua belah pihak. Foodspot berharap dapat menjadi bagian dari perayaan di tahun-tahun berikutnya.”

Tentang foodspot

foodspot adalah portal penyedia makanan dan minuman untuk korporat terbesar di Indonesia. Dimulai sebagai Klik-eat pada tahun 2012, foodspot menghubungkan katering UKM maupun restoran besar dengan korporat di seluruh Indonesia. foodspot secara resmi bermitra dengan berbagai restoran populer yang berlokasi di seluruh Indonesia dan dipercaya menjadi pemasok makanan dan minuman untuk pelanggan korporat terbesar di Indonesia. Saat ini, foodspot dipercaya oleh lebih dari 2000 perusahaan di Indonesia sebagai klien setia. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengakses ke https://foodspot.co.id/